Wednesday, August 22, 2007

Sejarah Pura Batur


OBYEK WISATA PENELOKAN
Penelokan terletak di sebelah Selatan Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani kira-kira 23 km dari Kota Bangli atau 63 km dari Denpasar ibukota Propinsi Bali. Sepanjang areal Batur memiliki pemandangan yang sangat menarik merupakan wilayah Kecamatan Kintamani yang terletak di bagian Utara Bangli. Penelokan adalah tempat yang terbaik untuk melihat pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Letaknya kira-kira 1500 meter dari permukaan laut yangdari tahun ke tahun memiliki temperatur ± 22o C di siang hari, dan 16oC di malam hari.
Banyak pengunjung baik domestik maupun internasional, memilih tempat ini untuk dapat menikmati udara pegunungan yang dingin dan segar. Tentunya hal ini sangat menyenangkan sambil menikmati pemandangan yang indah dengan lava hitam yang padat berasal dari letusan Gunung Batur pada tahun 1917 yang menghancurkan seluruh desa di sekitarnya.
Untuk itu kami bermaksud mengajak siapa yang senang berpetualang untuk mendaki sampai ke puncak. Keindahan kepundannya sunggu merupakan suatu lukisan yang indah.
Disamping keindahan panoramanya, kita juga dapat melihat indahnya Danau Batur dengan airnya yang jernih bagaikan kristal dan di lereng pegunungan anda dapat melihat kuburan yang unik, serta Barong Brutuk dari Desa Trunyan, yang mana tidak bisa ditemukan di tepat lain di Bali.
DESA KEDISAN
Desa Kedisan terletak di tepi Selatan Gunung Batur 7 Km dari Penelokan dan sepanjang jalan Kecamatan Kintamani atau 27 Km dari kota Bangli.
Sebuah desa kecil, dengan udaranya yang dingin dan segar serta keramahan penduduknya yang berdampingan dengan desa lainnya seperti Batur, Buahan, trunyan, dan desa Songan sehingga disebut Desa Bintang Danu, karena terletak di tepi Gunung Batur.
Di sini ada pelabuhan kecil dimana seseorang dapat menyewa boat untuk mengunjungi Desa Trunyan yang unik. Harga tiket pulang pergi dan rencana keberangkatannya sudah diatur oleh LLASDP.
DESA TERUNYAN
Nama dari Desa Terunyan berasal dari kata "Taru dan Menyan", pohon berbau harum yang tumbuh di desa itu, orang-orang disana percaya bahwa pohon itu sangat penting. Mayat orang yang meninggal diletakkan di atas kuburan terbuka di bawah pohon tersebut dengan wajah terbuka dengan hanya memakai kain putih dan "ancak saji". Cara penguburan ini disebut "Mepasah".
Desa Terunyan sebagai bagian dari kecamatan Kintamani terletak di tepi Danau Batur atau di Kaki sebelah Barat dai Gunung Abang. Penduduk desa ini adalah keturunan asli bali Age. Dengan aspek kebudayaan yang unik, desa ini dapat dicapai dengan boat dari desa Kedisan, menyeberangi Danau Batur selama ± 30 menit.
PURA PANCERING JAGAT
Pura Pancering Jagat terletak di Desa Trunyan Kecamatan Kintamani. Nama Pura ini berasal dari patung raksasa tingginya 4 meter. Masyarakat setempat menyebutnya "Arca Da Tonta atau Ratu Gede Pusering Jagat". Upacara di pura ini jatuh pada Purnamaning sasih Kapat sekitar bulan oktober. Dalam beberapa kesempatan Barong Brutuk ditarikan langsung untuk memperingati hari ulang tahun pernikahan antara Ratu Sakti Pancering Jagat, penguasa daerah ini dengan Ratu Ayu Dalem Pingit (Ratu Ayu Dalem Dasar). Pura ini hanya disungsung oleh masysrakat Trunyan saja.
TOYO BUNGKAH
Toyo Bungkah terletak di tepi sebelah Barat Danau Batur, 11 Km dari penelokan Kecamatan Kintamani. Tempat ini sangat menyegarkan dan cocok untuk memancing dan berenang. Disana juga ada air panas yang airnya berasal dari kaku Gunung Batur. Masyarakat disana percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan segala jenis penyakit kulit. Tempat ini sudah dikenal sejal tahun 1930 terutama oleh para Ilmuwan Asing. Fasilitas yang terdapat disini antara lain, penginapan, hotel dan restoran serta aula untuk mementaskan tari-tarian tradisional maupun modern.
PURA PUNCAK PENULISAN
Pura Puncak Penulisan terletak 1745 dari permukaan laut kira-kira 3 Km dari Kintamani atau 30 Km dari ibukota Bangli, di sebelah timur bagian atas dari jalan Denpasar – singaraja. Berdasarkan lontar Bali Kuno dikatakan bahwa Bukit Penulisan disebut juga Bukit Tunggal karena tempatnya terpisah dari rangkaian pegunungan yang terbentang dari barat ke timur, seolah-olah membagi Bali menjadi dua bagian : Utara dan Selatan.
Sekitar abad ke-9 di atas puncak Bukit Penulisan dibangunlah Pura Tegeh Koripan yang lebih dikenal dengan Pura Pucak Penulisan karena terletak di puncak Bukit Penulisan.
Pura Pucak Penulisan disamping letaknya di atas bukit, tersusun dari beberapa teras sampai sebelas teras.
Teras-teras itu dimaksudkan sebagai kelanjutan dari aspek kebudayaan pyramid jaman megalitik. Ini juga merupakan kompleks Pura Danu dan Pura Taman Danu yang terletak pada teras ke -3, juga terdapat Pura Ratu Penyarikan yang terletak pada teras ke-4 pada bagian Barat Pura itu.
Kompleks keempat, adalah Pura Ratu Daha Tua terletak di bagian Barat pada teras ke-16.
Yang terakhir atau kompleks ke-5 adalah Pura Panarojam terletakdi bagian Timur dari Puncak. Kompleks pura ini adalah yang tertinggi dibandingkan dengan empat kompleks yang lain. Di dalam kompleks pura ini, pengunjung dapat melihat patung terbuat dari buah yang dipercaya berasal dari jaman Bali kuno sebagai peninggalan kebudayaan megalitik
SEJARAH DARI PURA PUCAK PENULISAN.
Lompleks Pura Penulisan merupakan satu-kesatuan yang dibangun pada jaman perunggu, yang dimulai kira-kira pada tahun 300 sebelum Masehi. Dan lanjut ke milenium pertama masehi yaitu abad ke-10 sampai berakhirnya kekuasaan Majapahit pada tahun 1343, daerah ini dikuasai oleh Kerajaan Pejeng-Bedulu. Raja ini membuat peraturan tertulis di atas pinggiran perunggu, yang membuktikan bahwa para sastrawan telah mendapat menyusun kembali sejarah Kerajaan itu. Banyak tulisan yang menggunakan dasar-dasar Agama Hindu dan Agama Budha yang berisikan peraturan-peraturan hukum dasar.
Di dalam halaman komplek Pura itu ada beberapa balai uang terttup patung-patung sebagai potret Raja-raja Bali, Permaisuri dan pengikutnya. Menurut data Arkeologi, sejarah pura ini telah disusun oleh para ahli dari beberapa prasasti yang terhitung dari abad ke-11 sampai abad ke-15 :
A). Prasasti Penulisan I : Angka Tahun 1011 Masehi (Caka 933) dan Rajanya, Mpu Bga Anatah.
B). Prasasti dari Pura Bukit Indrakila (dekat Desa Kintamani) dengan angka tahun 1016 Masehi (Caka 938) mengatakan bahwa masyarakat arcanigayan (Asal mula Desa Caningan, dekat Desa Dausa di Kintamani) meminta raja mereka yaitu Anak Wungsu, menghadiri upacara peringatan yang akan diadakan oleh istrinya, Bhatari Mandul. Masyarakat Sukawana mengabulkan permintaan mereka.
C). Prasasti Penulisan V : Angka Tahun 1332 Maswhi (Caka 1254) dibaca............t (asu), Ra Ratna Bhumi atau raja Sri Asta Sura Ratna Bhumi Banten.
Raja Sri Asta Sura Ratna Bhumi Banten adalah Raja Bali yang terakhir yang memerintahkan selama ekpedisi Gajah mada (1343), yang terkenal pada abad ke-14 yaitu seorang Patih Kerajaan Majapahit yang bercita-cita mempersatukan Nusantara.
Dengan menyimpulkan prasasti dari Pura Penulisan itu kita bisa mengetahui bahwa pada tahun 1016 Masehi pura ini dijadikan sebagai tempat syukuran bagi istri terakhir dari Raja Anak Wungsu. Dilanjutkan sebagai "mountain sanctury" dari kerajaan Pejeng-Bedulu dari abad ke-10 hingga ekspansi Majapahit pada tahun 1343, hanya Pura Besakih dijadikan sebagai "mountain sanctury" bagi Dinasti Gelgel di Klukung (abad ke-15 - 17).
PURA BATUR
Pura Batur yang lebih dikenal dengan Pura Ulun Danu terletak pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut tepatnya di Desa Kalanganyar Kecamatan Kintamani di sebelah Timur jalan raya Denpasar-Singaraja.
Pura ini menghadap ke barat yang dilatarbelakangi Gunung Batur dengan lava hitamnya serta Danau Batur yang membentang jauh di kaki Gunung Batur, melengkapi keindahan alam di sekeliling pura.
Sebelum letaknya yang sekarang ini, Pura Batur terletak di lereng Barat Daya Gunung Batur. Karena letusan dasyat pada tahun 1917 yang telah menghancurkan semuanya, termasuk pura ini kecuali sebuah pelinggih yang tertinggi. Akhirnya berkat inisiatif kepala desa bersama pemuka desa, mereka membawa pelinggih yang masih utuh dan membangun kembali Pura Batur ke tempat yang lebih tinggi yakni pada lokasi saat ini. Upacara di pura ini dirayakan setiap tahun yang dinamakan Ngusaba Kedasa.
SEJARAH PURA BATUR
Sebelum letusan Gunung Batur yang dasyat pada tahun 1917, Pura Batur semula terletak di kaki Gunung itu dekat tepi Barat Daya Danau Batur yang merusakkan 65.000 rumah, 2.500 Pura dan lebih dari ribuan kehidupan. Tetapi keajaiban menghentikannya pada kaki Pura. Orang-orang melihat semua ini sebagai pertanda baik dan melanjutkan untuk tetap tinggal disana. Pada tahun 1926 letusan baru menutupi seluruh Pura kecuali "Pelinggih" yang tertinggi, temapt pemujaan kepada Tuhan dalam perwujudan Dewi Danu, Dewi air danau. Kemudian warga desa bersikeras untuk menempatkannya di tempat yang lebih tinggi dan memulai tusag mereka untuk membangun kembali pura. Mereka membawa pelinggih yang masih utuh dan membangun kembali Pura Batur.
Beberapa lontar suci Bali kuno menceritakan asal mula Pura Batur yang merupakan bagian dari "sad kayangan" enam kelompok Pura yang ada di Bali yang tercatat dalam lontar Widhi Sastra, lontar Raja Purana dan Babad Pasek Kayu Selem. Pura Batur juga dinyatakan sebagai Pura "Kayangan Jagat" yang disungsung oleh masyarakat umum.
Sejarah Pura Batur merupakan persembahan untuk Dewi Kesuburan, Dewi Danu. Dia adalah Dewi dari air danau. Air yang kaya akan mineral mengalir dari Danau Batur, mengalir dari satu petak sawah ke petak sawah yang lainnya, lambat laun turun ke bumi. Dalam lontar Usaha Bali, salah satu sastra suci yang ditempatkan di pura itu, ada legenda kuno yang melukiskan susunan dari tahta Dewi Danu.
Legenda tersebut diceritakan sebagai berikut :
Pada suatu malam di awal bulan kelima Margasari Dewa Pasupati (Siwa) memindahkan puncak Gunung Mahameru di India dan membaginya menjadi dua bagian. Dibawanya satu bagian dengan tangan kirinya dan yang satunya dengan tangan kanannya. Kedua belahan itu dibawa menjadi tahta. Belahan yang dibawa dengan tangan kanannya menjadi Gunung Agung tahta untuk anaknya, Dewa Putranjaya (mahadewa Siwa) dan yang dibawanya dengan tangan kiri menjadi Gunung Batur tahta dari Dewi Danu, Dewi Air Danau. Legenda ini menjadikan Gunung terbesar di Bali dan dua elemen simbolis "laki-laki dan perempuan" (Purasa dan Pradana) atau dua asal mula manifestasi dari sumber; Tuhan (Ida Sang Hyang Wishi Wasa).
PENELOKAN TOURIST RESORT
Penelokan (look – out point) is situated on the southem part of Batur Tengah village, Kintamani District about 23 kms from the Bangli town or 63 km from Denpasar, capital city of Bali province.
The entire batur area, with its spectacular scenery, belongs to the district of Kintamani in northern Bangli, The Penelokan (look –out Point) offers views of Mt. Batur and Lake Batur, highlighting most tourist's visit to Bali, At about 900 metersd above sea level, this vista point is cool and refresing throughout the year with temperatures averaging 22' C at mid –day and 16'C at night. Penelokan is just 27 kilometers from Denpasar is well maintained ashalted roads.
Many visitors, both Domestic or Foreign, drop over to this resort, breathe the cool and refreshing mountainous air and all at once to enjoy the breath-taking beauty of panoramic view with its solidified black lavas serve as a deaf witness to the 1917 eruption which devastating entire villages surrounding it.
Meanwhile for those who laki 'adventuring' could go for hiking up to the peak. The beauty of this caldera or crater really beggars description.
Inspite of its beautiful panoramic view, we can also take a look the beauty of lake Batur with its crytal clear water and mountainous areas serve as the unique graveyard and the Barong Brutuk of Trunyan village which can't be found anywhere else in Bali.
KEDISAN VILLAGE
Kedisan village is located on the southem bank of Mount Batur, 7 kms from Penelokan and belongs to Kintamani district or 27 kms on the northern regency of Bangli.
An idyllic little village, cool and refreshing air and hospitable people along with other villages such as Batur Buahan, Trunyan, and Songan village is called Bintang Danu village because of their location on the banks of Mount Batur.
It has its own dockyard where one can hire a boat to visit the unique village of Trunyan. The cost of around trip-tickets and its schedules have been set by the LLASDP.
TERUNYAN VILLAGE
The name of Trunyan is derived from the words 'Taru' and Menyan': the smell of a fragrant tren of incense which grows in that village. The villages consider that the tree is very important because the corpses of the dead person are just laid down on the open grave under the tree and lefthe faces open ; whereas their bodies are simply covered by white clothes and by 'ancak saji'. This method of burying corpses is called "MEPASAH".
The village of Terunyan lays on the banl of lake Batur or on the west foot of Abang hill of Kintamani District. It is a village inhabited by the 'Origines' of Bali Aga with its unique cultural aspects. This village is attainable only by boat from Kedisan village, crossing along lake Batur in 30 minutes.
PANCERING JAGAT TEMPLE
The Temple of Pancering Jagat is located at Trunyan village, Kintamani District. The name of the temple is derived from themegalithic status with 4 meters high, locally known as Arca da Tonta or Ratu Gede Pusering jagat among the common people. The ceremony in this temple takes place on purnamaning sasih kapat around October. On the same accasion the Barong Brutuk dance is performed for commemorating the legendary wedding anniversary between Ratu Sakti Pancering Jagat; the patron guardian of the village and Ratu Ayu dalem Pingt ( Ratu Ayu Dalem dasar). This temple is worshipped only by people of Trunyan.TOYA BUNGKAH
Toya Bungkah is located on the west Bank of lake Batur, 11 kms from Penelokan, Kintamani Distric. This resort is refresh and quit and is a good spot for fishing water is considered to be derived from the foot of mount Batur. The villagers believe that it has curative power for all kind of skin diseases. This resort is renown in tourism since 1930 especially among foreign anthropologists. Tourism facilities available here are quest houses, Hotel and restaurants and a hall for performing both traditional and newly created dances.
PUNCAK PENULISAN TEMPLE
Puncak Penulisan Temple is situated at 1745 meters above sea level about 3 kms from Kintamani, or 30 kms from the capital town of Bangli regency, on the east side of the road leading to Denpasar or Singaraja.
Based on the road-Balinese manuscripts, it was told that Bukit Penulisan is also called Bukit Tunggal since its location is separated from the chain of mountains, stretching along from west to east, dividing Bali island into 2 parts, the northern and southern Bali.
Around IX century on the peak of this Bukit Penulisan, the temple of Tegeh Koripan was constructed wich is commonly called Pura Pucak Penulisan because it is located at the peak of Penulisan Hill.
The temple of Puncak Penulisan, beside its location on a hill, composed of several terraces, even up to 11 terraces.
These terraces reveal the continuation of the pyramidal from of cultural aspects of the megalithic age. Its is also a complexes respectively called Pura Danu and Pura Taman Danu, located on the third called Pura Ratu Penyarikan, located on the 4th terrace also on the west part of the temple.
The 4th complex, Pura Ratu Daha Tua, is located at the west side on the 16th terrace.
The last or the fifth complex is Pura Panarajon situated on the eastside of the peak. This complex is the highest one compared to the four former complexes . Inside of this temple complex, visitors can find stone made statues and are believed to be derived from olden Balinese period as the remains of the megalithic culture.
THE HISTORY OF THE PUNCAK PENULISAN TEMPLE
The temple complex at Penulisan was in a territory that was settled by the Broze Age, which began about 300 B.C. and continued well into the first millennium A.D from the 10th century until the Majapahit conquest in 1343, this area was controlled by the kingdom of Pejeng –Bedulu. Its kingks issued controlled by the kingdom of Pejeng-Bedulu. Its kings issued decrees written on plates of broze, from which scholars have been able to reconstruct the history of the Kingdom. Many inscriptions describe the founding of Hindu and Buddhist monasteries within a village territory and the freeing of that village from certain state taxes to pay for the monasteries upkeep.
Inside the temple complex grounds there are several covered pavilions or bales lines of fine statues ; portraits of Balinese kings, queens and divinities. Archaeological data concering, the history of this temple has been gathered by local experts from several inscriptions on these statues dating from the 11th century and the 15th century;
A) Inscripton Penulisan I: dates from 1011 A.D. (Cakra 933) and is credited to the king, Mpu Bga Anatah.
B) Inscriptions from Pura Bukit Indrakila A (Near Kintamani village) dated 1016 A.D. (Caka 938) tells that the people of Parcanigayan (the former name of caninganvillage, near Dausa village in Kintamani ) asked their king, Anak Wungsu, to be excused from attending the compulsory memorial ceremonies being held his deceased wife, Bhatari Mandul. The people Sukawana village were granted their request.
C) Inscription Penulisan V : dead 1332 A.D. (Caka 1254), it reads …t 9asu), Ra Ratna Bhumi or Raja Sri Asta Sura Ratna Bhumi Banten.
Raja Sri Asta Sura Ratna Bhumi Banten is the name of the last Balinese king who rule Bali during the 1343 expedition of Gajah Mada, the famous 14th century peneral of the East Javanese Majapahit empire who worked throughout his life for Indonesia unification by ruling much of the country, including Bali.
By summarizing the inscriptions from Penulisan Temple we can conclude that in 1016 A.D. it served as a place to pay homage to the late wife of King Anak Wungsu. It continued to served as the mountain sanctuary of the Pejeng-Bedulu Kingdom from the 10th century until the Majapahit conquest in 1343, just as Pura Besakih was the state mountain sanctuarly for the later Gelgel Dynasty of Klungkung (15th – 17th Centuries).
BATUR TEMPLE
Batur Temple or commonly called Ulun danu Temple is situated at 900 meters above sea level of Kalanganyar Batur village Kintamani District on the eastern side of the main road leading to danpasar or Singaraja via bangle.
The temple faced west ward where Mount batur and remains of its solodofied black lavas serve as back drop and Lake stretches far down the slope, enhanced the beauty of nature around the temple.
Formerly, before it is in its present location Batur Temple is located on the south western slope of Mount Batur since the devastating eruption in 1917 which destroyed everything, including the temple it self. Then initiated by the head of the village along with other prominent figures, they brought the surviving shrines with them and rebuilt batur Temple to the higher place at Kalanganyar on its present location.
The ceremony in this temple is held annually commonly called Ngusaba ke Dasa.
THE HISTORY OF BATUR TEMPLE
Before Mt. Batur's devastating eruption in 1917, Batur Temple was originally located at the base of the volcano near the south western shore Of Lake Batur Lavacovered the village of Batur, destroying 65.000 houses, 2.500 temple and more then a thousand lives butmiraculously stopped at the foot at the temple. The people took this as the good omen and continued to live there. In 1926, a new eruption buried the entire temple except the highest shrine, dedicated to god in his manifestation as Dewi Danu, the Goddess of the lakes and waters. The villagers were then forced to resettle on high ridges and begin their task of rebuilding their temple. They brought the serviving shrine with them and rebuilt Batur Temple, commonly known as Pura Ulun danu of Batur village.
Several ancient Balinese holy manuscripts (lontar) have served as sources of information describing the history of Batur Temple. Its significance as part of the "Sad Kahyangan", a group of the six most revered temples on Bali, is documented in the Babad Pasek Kayu Slelem. Batur Temple is also refered to as "Kahyangan Jagat" temple which means it is a public place of worship.
Throughout its history Batur Temple has been a sanctuary dedicated to the fertility Goddess, Dewi Danu. She is the Goddess of lakes and waters. Mineral rich waters flow from Lake Batur,led from one rice terrace to another, in descending steps to the sea. In the Usana Bali Lontar, one of the sacred texts housed at the temple, there is an ancient legend the describes the formation of Dewi Danu's throne. The legend goes as follows :
It is said that on the night of the new moon during Margasari the fifth month, the God Pasupati (Siwa) removed the peak of the sacred Hindu Mt. Mahameru in India and devided it into two parts. Carrying one part in his left hand and the other in his right the two pieces were brought to Bali to be used as thrones. The piece carried in the right hand became Mt. Agung – the throne for his son, the God Putranjaya ( Mahadewa Siwa ) and the remaining portion carried in the left hand became Mt. Batur – the throne for Dewi Danu, the Goddess of the lakes and waters. This legend refers to Bali's two most revered volcanoes Gunung Agung and Gunung Batur as two symbolic elements ; male and female ( Purusa and Pradana ) , or two complimentary manifestations originating from one source; God ( Ida Sang Hyang Widhi ).